PT Cahaya Bintang Medan Tbk menggunakan particle board atau papan MDF sebagai bahan baku utama pembuatan furniture. MDF adalah papan kayu yang dibuat dari serpihan kayu yang diolah menjadi padat.

Penggunaan MDF sebagai bahan baku furniture memiliki berbagi kelebihan, antara lain:

  1. Harga relatif terjangkau dibanding dengan kayu jenis lainnya, seperti plywood dan kayu solid. Ini dikarenakan bahan baku pembuatan MDF berasal dari serpihan kayu.
  2. Memiliki permukaan yang halus, sehingga mempermudah proses pengecatan. Selain itu hasil cat akan sempurna karena papan kayu MDF memiliki kerapatan pori-pori.
  3. Ringan. Jika dibandingkan dengan kayu plywood dan kayu solid, furniture yang terbuat dari papan kayu MDF lebih ringan, sehingga lebih fleksibel untuk dipindah-pindah.
  4. Mudah dipotong dan dibentuk. Dikarenakan sifatnya yang tidak sekeras plywood dan kayu solid, papan kayu MDF lebih mudah untuk dipotong dan dibentuk mengikuti pola desain.

Selain memiliki kelebihan, papan kayu MDF juga memiliki kekurangan, antara lain:

  1. Menyerap air. Dikarenakan bahan dasarnya bukan merupakan kayu solid, MDF lebih mudah menyerap air. Apabila terkena air secara berlebihan, tidak menutup kemungkinan panel kayu akan lembek dan hancur.
  2. Tidak mengikat skrup dan paku dengan baik. Berbeda dengan kayu solid yang mengikat skrup dan paku dengan baik, papan MDF cenderung lebih cepat longgar dikarenakan bahan bakunya merupakan partikel kayu.

Meskipun memiliki kekurangan, namun jika dirawat dengan baik, furniture berbahan dasar papan kayu MDF awet digunakan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menghindarkannya dari jangkauan air. Apabila ingin dibersihkan, cukup lap menggunakan kain bersih dan tidak menggunakan air.

Sumber: rangkuman dari berbagai sumber Google

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *